Welcome to My Blog
Ekspesikan dirimu melalui tulisan
Mulai dengan sebuah kata

Minggu, 20 Mei 2012

Pulau Komodo Tujuan Wisata Baru


Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan KomodoKabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara TimurIndonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Bahkan baru - baru ini Taman Nasional Komodo masuk dalam New 7 wonders. Setelah melalui tahapan yang panjang dan seleksi yang sangat ketat dalam penjurian, Akhirnya Taman Nasional Komodo resmi ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature atau yang lebih dikenal dengan 7 keajaiban dunia. Pengumuman itu disampaikan di Zurich, Swiss, dan resmi menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia mulai Rabu 16 Mei 2012 pukul 17.00 WIB. Kemenangan itu diresmikan oleh Presiden Direktur New7Wonders, Bernard Weber, dan Duta Besar Komodo, Jusuf Kalla.

Sebagai warga Negara Indonesia tentu kita berhak bangga dengan terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia baru. Dengan demikian Indonesia juga akan semakin dikenal di mata dunia internasional dan bukan hal yang mustahil jika pulau Komodo ini akan menjadi tujuan wisata baru, bukan hanya untuk wisatawan mancanegara tetapi juga wisatawan lokal. Namun tentunya pulau Komodo harus cepat berbenah sehingga bisa menarik para wisatawan tersebut.





Sumber :

Sumber Gambar :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar