Welcome to My Blog
Ekspesikan dirimu melalui tulisan
Mulai dengan sebuah kata

Selasa, 21 Desember 2010

Putus Asah??? Tidak Lagi


Sebuah pengalaman dan proses pembelajaran yang sering dilupakan oleh setiap orang, termasuk penulis, apakah hal tersebut???

Pengalaman di waktu balita, proses pembelajaran ketika seorang anak mulai belajar mengucapkan kata- kata, belajar duduk, belajar berjalan dan sampai akhirnya bisa berlari. Seorang bayi yang selalu bergantung pada orang tuanya (orang lain) sampai akhirnya menjadi manusia dewasa yang tidak akan bergantung lagi pada orang tuanya dan bahkan mungkin akan bisa membantu orang lain.

Sering sekali makna dari proses pembelajaran itu dilupakan, pengalaman itu dijadikan hal yang biasa dan tidak berbekas. Sesungguhnya jika hal tersebut dimaknai, kita akan banyak belajar dari hal tersebut, salah satunya adalah kita tidak akan menjadi orang yang gampang putus asah.

Ketika balita belajar berjalan, pasti membutuhkan proses yang panjang sampai akhirnya bisa. Jatuh dan kemudian jatuh lagi merupakan hal yang biasa dalam proses tersebut, rasanya jauh sekali dari rasa putus asah. Punya motivasi yang besar itu yang harus dijadikan contoh (pembelajaran). Dan yang lebih penting, harus diingat bukan berapa kali kita jatuh tapi bagaimana caranya kita bisa selalu bangkit ketika kita jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar