Welcome to My Blog
Ekspesikan dirimu melalui tulisan
Mulai dengan sebuah kata

Kamis, 14 Oktober 2010


Hari/ Tanggal Penayangan      : Minggu, 15 Agustus 2010

Topik/ Judul Episode             : Perbankan Syariah dan Peningkatan Pendidikan

Narasumber                           : Nasaruddin Umar

Konten Resume                      :
Kualitas pendidikan suatu bangsa merupakan cerminan dari peradaban bangsa itu sendiri. Bangsa yang maju adalah bangsa yang berpendidikan, yang kualitas SDM nya mampu bersaing dengan bangsa lain. Enterprenership dan professionalisme akan terwujud jika kualitas pendidikan menjadi prioritas.
Harus disyukuri dengan adanya peluncuran produk yang sangat relevan dengan bangsa Indonesia yaitu UU Perbankan Syariah. Perbankan syariah bukan berarti syariatisasi, kata- kata syariah bukan berarti ancaman untuk kelompok minoritas karena ternyata banyak yang menikmatinya adalah dari orang- orang nonIslam. Perlu kita tahu bahwa perbankan syariah merupakan kebutuhan umat, syariah di sini hanya metodologi. Jadi bukan berarti ideologinya harus negara Islam. Perbankan syariah akan bermanfaat untuk bangsa Indonesia secara keseluruhan (seluruh umat).
Pendidikan ajaran Islam sedang mengalami pembenahan, sama seperti pendidikan umum. Masyarakat sekarang sudah tidak membedakan pendidikan agama dan umum. Bahkan sekarang banyak orang tua yang memilih anaknya masuk sekolah Islam seperti MA atau pesantren karena selain anaknya akan mendapat ilmu juga diharapkan anaknya akan menjaga nilai- nilai etika keislaman. Sekolah Islam dinilai sebagai sekolah yang paling aman dari kenakalan remaja. Selain itu, sekolah Islam juga tidak bisa diremehkan karena ternyata banyak yang dari sekolah Islam masuk ke universitas favorit, bahkan jumlahnya melebihi yang dari sekolah umum.
Dunia pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kejayaan Islam. Karena saat Barat masih belum maju (masih tidur ), dunia Islam pada saat itu sudah mencapai masa keemasannya. Oleh karena itu, dengan peran perbankan syariah diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan pendidikan dan tentunya diharapkan pula orang Islam bisa menjadi unggul seperti dulu.

Hari/ Tanggal Penayangan      : Senin, 16 Agustus 2010

Topik/ Judul Episode              : Sektor Riil dan Ekonomi Syariah

Narasumber                           : Aviliani

Konten Resume                      :
Bisnis syariah adalah bisnis yang ditegakkan di atas prinsip- prinsip keadilan sedangkan pembiayaan pada sektor riil adalah bentuk konkret dari keadilan.
Setelah krisis 2008, pasar dikaitkan dengan liberalism sudah tidak berlaku. Keadaan krisis global terjadi karena perilaku ekonomi yang tidak seimbang antara sektor riil dan sektor keuangan. Maka sejak saat itu ekonomi syariah mulai dipilih dan dilirik oleh negara- negara di dunia. Karena prinsip ekonomi syariah adalah keseimbangan antara sektor riil dan keuangan. Bank syariah lebih mengarah ke sektor rill.
Namun sayangnya masyarakat belum terbiasa dengan sistem bagi hasil syariah. Supaya pergerakan bank syariah berkembang maka haruslah diperbanyak sosialisasi cara perhitungaan dalam bagi hasil seperti diberlakukannya kurikulum di SMA dan perguruan tinggi tentang cara bagi hasil.
Bank syariah meskipun berkembang cukup signifikan tapi PDBnya masih sangat kecil. Sebenarnya ekonomi syariah lebih maju daripada bank- bank lain karena dalam kondisi apapun, perlu diketahui bahwa liquiditas bank syariah sangat bisa dijamin. Jika saja banyak yang mengerti tentang bank syariah maka dipastikan banyak yang akan memilh bank syariah. Bank syariah sangat perlu dikembangkan karena bank syariah merupakan bisnis yang berkeadilan.

Hari/ Tanggal Penayangan      : Rabu, 18 Agustus 2010

Topik/ Judul Episode              : Gadai Syariah dan Kesejahteraan

Narasumber                           : Chandra Purnama
Konten Resume                      :
Gadai syariah adalah bentuk jasa perbankan syariah yaitu pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan. Di Indonesia gadai syariah memiliki pasar yang besar karena mayoritas pendudukan Indonesia adalah muslim (orang Islam). Dan jika dibandingkan dengan tahun lalu, pertumbuhannya mencapai 70%, mungkin hal ini juga berkaitan dengan start yang masih kecil jika dibandingkan dengan gadai konvensional yang pertumbuhannya 35-40% (sudah berkembang).
Di Indonesia merupakan negara Pancasila, jadi bisa konvensional atau syariah. Tapi masyarakat Indonesia adalah orang Islam sehingga mungkin di dalam hari dan pikirnnya mereka juga ingin yang berdasarkan syariah, karena mereka lebih yakin. Jadi prospek dari pegadaian syariah ini sangat bagus.
Salah satu sumber pendanaan pinjam meminjam secara syariah adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Prosesnya memang sama dengan pegadaian konvensional, hanya saja berbeda dalam tarifnya. Konvensional memberlakukan tarif berdasarkan pinjaman yang diingin oleh nasabah sedangkan syariah memberlakukan tarif berdasarkan barang yang digadaikan. Selain itu, pegadaian syariah memasukkan nilai- nilai Islam dan dana yang akan digunakan oleh nasabah harus tidak bertentangan dengan syariah, maka biasanya diadakan wawancara terhadap nasabah (tentang dana yang akan digunakan).
Islam sendiri tidak melarang pegadaian, seperti yang pernah dicontohkan sebelumnya oleh nabi Muhammad SAW. Gadai syariah sebagai produk yang ada di pegadaian dinilai sangat islami dan sangat bermanfaat. 




Sumber : Acara Sukses Syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar