Welcome to My Blog
Ekspesikan dirimu melalui tulisan
Mulai dengan sebuah kata

Senin, 07 November 2011

Mari Jadikan Membaca Sebagai Budaya


Di Indonesia, membaca belum bisa dikatakan sebagai budaya. Karena masih banyak di antara kita yang enggan meluangkan waktu untuk membaca. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya siswa di kantin – kantin daripada perpustakaan atau banyaknya pengunjung pusat perbelanjaan daripada toko buku. Dari situ kita tahu kalau masyarakat belum sadar akan pentingnya membaca.
 
“Ilmu seorang akan terlihat dari berapa banyak buku yang mereka baca”. Pernyataan tersebut tentu tidak salah, mengingat banyak manfaat yang didapat dari membaca. Seperti banyak ilmu dan pengetahuan yang akan didapat dari membaca, menambah kecakapan seorang dalam berbicara (memperbanyak kosa kata), membuat seorang lebih bijakasana, menghabiskan waktu luang dengan lebih bermanfaat, dan masih banyak hal – hal positif lain ketika kita mau menjadikan membaca sebagai budaya. 

Dari uraian di atas jelaslah manfaat membaca begitu banyak. Dan tidaklah rugi orang yang punya kebiasaan membaca. Jadi, bagaimana mungkin masih ada keraguan di hati kita untuk menjadikan membaca sebagai budaya, apalagi jika ada diantara kita yang masih tetap bermalas – malasan untuk membaca. Padahal membaca jelas – jelas mendatangkan banyak manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar