Welcome to My Blog
Ekspesikan dirimu melalui tulisan
Mulai dengan sebuah kata

Senin, 07 November 2011

Cermati Dampak Iklan di Televisi


Televisi merupakan salah satu media komunikasi yang efektif, karena televisi ditonton oleh semua lapisan masyarakat. Bukan hanya itu, televisi juga ditonton oleh semua tingkatan umur, mulai dari anak – anak, remaja, sampai orang dewasa. Selain itu, televisi merupakan media komunikasi yang sangat menarik, karena merupakan media komunikasi audio visual. Maka dari itu, tidak heran jika banyak produsen yang mempromosikan produknya melalui media televisi, hal ini sering kita sebut iklan.
 
Iklan yang ada di televisi bukan hanya iklan akan produk atau barang saja, tetapi juga iklan dalam bentuk jasa. Iklan dalam bentuk produk tentu kita semua pasti tahu, seperti makanan / minuman, alat elektronik, pulsa, barang keperluan sehari – hari, dll. Iklan jasa pun pasti kita tahu, seperti iklan asuransi dan perbankan. Selain itu sifat iklan bukan hanya bersifat komersial tetapi juga sosial (seperti iklan layanan masyarakat).

Iklan yang sering kita tonton di televisi tentu memberikan keuntungan bagi produsen karena bisa mempromosikan produknya. Tetapi tidak hanya produsen, konsumen pun bisa mendapatkan keuntungan dari adanya iklan ini. Sebagai konsumen dengan adanya iklan, kita bisa mengetahui produk – produk terbaru, bisa membandingkan produk yang satu dengan produk yang lain, dan memilih produk yang sesuai dengan kita. 

Tetapi sayangnya, iklan juga akan memberikan dampak negatif kepada konsumen, Dengan adanya iklan konsumen akan lebih konsumtif. Tentu saja, konsumen banyak yang terjebak dengan iklan yang ada di televisi. Bagaimana tidak??? Jika kita lihat, iklan yang ada di televisi dikemas dengan sedemikian rupa, dibuat dengan semenarik mungkin. Bahkan iklan memang kadang melebihkan keadaan yang sebenarnya. Dengan begitu, konsumen pasti akan mencoba – coba produk tertentu hanya karena iklan yang dilihat di televisi begitu menarik. Seperti contohnya kaum wanita yang banyak terjebak produk kecantikan tertentu, hanya karena iklan yang ada di televisi. Iklan seperti inilah yang akan merugikan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar